Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 08 Juni 2014

DIABETES MELITUS


Definisi Penyakit Diabetes Melitus

Definisi Penyakit Diabetes Melitus
Definisi Penyakit Diabetes MelitusKita sangat perlu untuk memahami apa itu Definisi Penyakit Diabetes Melitus. Hal ini penting mengingat pembahasan tentang penyakit ini sangat komplek. Dengan mengetahui apa itu definisi diabetes ataudefinisi diabetes melitus, kita akan tahu gambaran umum akan penyakit ini.
Dengan mengetahui definisi penyakit diabetesatau definisi penyakit diabetes melitus, kita menjadi lebih mudah untuk memahami pembahasan-pembahasan berikutnya berkaitan dengan penyakit yang cukup mematikan ini.
Para ahli kesehatan telah banyak mendefinsikan penyakit ini. Namun dalam pembahasan ini kita akan membawakan definisi yang mudah namun cukup mencakup untuk menjelasakan apa  itu penyakit diabetes melitus.
Diabetes berasal dari istilah Yunani yaitu artinya pancuran atau curahan, sedang Melitus atau Mellitus artinya gula atau madu. Dengan demikian secara bahasa, Diabetes mellitus adalah curahan cairan dr tubuh yang bayak mengandungan gula. Cairan yang dimaksud di sini adalah air seni yang berasa manis karena banyak mengandung gula.
Maka Definisi diabetes mellitus atau diabetes melitus secara umum adalah suatu keadaan dimana tubuh tidak bisa menghasilkan hormon insulin sesuai kebutuhan atau tubuh tidak bisa memanfaatkan secara optimal insulin yang dihasilkan sehingga terjadi kelonjakan kadar gula dalam darah melebih normal.
Itulah definisi  diabetes melitus secara umum. Seperti diketahui, semua sel dalam tubuh manusia membutuhkan gula agar dapat bekerja dengan normal. Gula ini dapat masuk ke seluruh sel-sel tubuh melalu bantuan hormon insulin.
Apabila jumlah insulin dalam tubuh tidak cukup, atau jika sel-sel tubuh tidak bisa memberikan respon terhadap insulin sehingga insulin yang dihasilkan tidak bisa termanfaatkan secara optimal, maka akan terjadi penumpukan gula dalam darah. Nah itulah yang terjadi pada penderita penyakit diabetes melitus.
Dari definisi penyakit diabetes dan gambaran secara umumnya dapat disimpulkan bahwa penyakit yang lebih sering dikenal sebagai penyakit kencing manis ini adalah penyakit kronik yang diakibatkan oleh:
  1. Ketidakmampuan organ tubuh (pankreas) untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau
  2. tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas secara efektif, atau juga
  3. karena gabungan kedua-duanya.
Dari definisi penyakit diabetes dan faktor serta sebab dasar terjadinya kenaikan kadar gula di atas inilah akhirnya Penyakit Diabetes dibagi menjadi tiga (3) tipe, yaitu:
  • Diabetes melitus tipe 1, yakni diabetes mellitus yang disebabkan oleh oleh kurangnya produksi hormon insulin oleh organ pankreas
  • Diabetes melitus tipe 2, yakni diabetes mellitus yang disebabkan oleh kurangnya respon tubuh terhadap insulin sehingga penggunaan hormon tersebut menjadi tidak efektif
  • Diabetes gestasional, yakni penyakit diabetes yang sebabkan tubuh tidak bisa merespon hormon insulin karena adanya hormon penghambat respon yang dihasilkan oleh plasenta selama proses kehamilan.
Penjelasan akan berbagai tipe diabetes di atas akan kita bahas pada pembahasana khusus pada artikel-artikel berikutnya. Masing-masing tipe di atas memiliki beberapa sebab yang berbeda sehingga perlu pembahasan khusus. Silahkan ikuti terus artikel kami melalu web ini.
Dari definisi diabetes atau definisi penyakit diabetes di atas, insya Allah kita akan punya gambaran umum untuk kita lebih mudah memahami pembahasan-pembahasan berikutnya. Dari definisi diabetes melitus ini, nantinya kita akan mudah ketika membahas dan memahami bagaimana cara terbaik dalam mencegah, mengatasi, dan mengobati penyakit diabetes melitus.
Mencegah, mengatasi, dan mengobati diabetes yang akan dibahas dalam web ini insya Allah akan lebih ditekankan kepada cara mencegah, mengatasi, dan mengobati penyakit ini secara alami dengan metode holistik dan herbal alami.
Tipe Penyakit Diabetes Melitus

Mengenal Tipe Penyakit Diabetes Melitus
Tipe Penyakit Diabetes MelitusPengenalan terhadap tipe diabetes dalam hal ini tipe diabetes melitus sangat penting. Hal ini sangat terkait dengan cara yang pas dalam mencegah dan mengatasi serta meengobata penyakit yang cukup mematikan ini.
Berdasarkan penyebab dasarnya kenapa dari sampai kelonjakan kadar gula, penyakit diabetes dibagi dalam beberapa  tipe. Masing-masing tipe penyakit diabetesmelitus ini memiliki penyebab yang khsusus yang tidak dimiliki oleh tipe lain. Oleh karena itulah sekali lagi saya tegaskan bahwa mengenal tipe berbagai penyakit diabetes melitus ini penting sebelum kita membahas lebih jauh akan jenis penyakit yang bisa dibilang sangat mematikan ini.
Berdasarkan penyebab dasarnya, para pakar kesehatan telah membagi penyakit diabetes ini menjadi tiga tipe. 
  • Diabetes Melitus tipe 1
    Tipe diabetes ini umumnya menyerang anak hingga remaja. Oleh karena itulah jenis atau tipe diabetes mellitus ini di namakan juga dengan sebutan juvenile diabetes.

    Adapan penyebab dasar dari tipe diabetes 1 ini adalah karena adanya kerusakan atau kesalahan genetik pada sel pankreas sehingga sistem imun terganggu dan tidak bisa menghasilkan hormon insulin. adapun penyebab secara rinci yang melenkapi penyebab tipe 1 ini akan kita bahas pada bahasan penyebab diabetes melitus.

    Penderita diabetes tipe 1 ini sangat tergantung dengan insulin dari luar. Untuk kelangsungan hidupnya, penderita harus mendapatkan suntikan hormon insulin secara rutin dan terjadwal. Oleh karena itulah tipe 1 ini juga dinamakan denganInsuline Dependent Diabetic Mellitus atau IDDM.

    Diabetes melitus tipe 1 ini seringnya muncul secara mendadak dengan gejala tiba-tiba sering cepat merasa haus, sering buang air kecil (sering ngompol pada anak), badan menjadi kurus secara drastis dan lemah. Jika insulin tidak segera diberikan, penderita bisa tiba-tiba tidak sadarkan diri atau koma diabetik.

     
  • Diabetes Melitus Tipe 2
    Diabetes Melitus tipe 2 ini disebabkan oleh kurang mampunya tubuh didalam merespon hormon insulin sehingga tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas. Boleh jadi jadi pankreas telah memproduksi insulin secara normal namun hormon yang dihasilkan tidak bisa dimanfaatkan oleh tubuh secara efektif. Tubuh bersifat resisten terhadap hormon insulin.

    Ketidakmampuan tubuh dalam memanfaatkan hormon insulin seringnya dikarenakan sel-sel tubuh bersaing berat dangan sel-sel lemak dalam tubuh. Hormon insulin banyak dihisap oleh sel-sel lemak yang menumpuk dalam tubuh. Oleh karena itulah, tipe 2 ini lebih banyak menimpa pada orang-orang yang memiliki pola hidup dan pola makan yang jelek sehingga terjadi penimbunan lemak atau kegemukan.

    Kegemukan seringnya mengganggu sistem kerja pankreas dan metabolisme terganggu. Kegemukan pada anak harus mendapatkan perhatian yang serius dari para orang, jangan sampai terlambat sehingga menjadi derita di masa tuanya.

    Diabetes tipe 2 inilah yang banyak menimpa para penderita penyakit diabetes. Bahkan prosentasenya bisa sampai 90% dari keseluruhan penderita diabetes melitus.

    Berbeda dari tipe 1 yang muncul tiba-tiba, diabetes tipe 2 memiliki perkembangan yang sangat lambat sampai bertahun-tahun. Oleh karena itulah sering-seringlah Anda memeriksakan kadar gula Anda untuk bisa mendeteksi sedari dini.

    Gejala diabetes melitus tipe 2 sering kali tidak  terasa. Namun Anda perlu waspada. Tubuh yang mengalami resistensi terhadap hormon insulin akan memaksa organ pankreas untuk memproduksi insuline sebanyak-sebanyaknya untuk dapat menggempur resistensi insulin tersebut dan memberi kesempatan gula untuk masuk de dalam sel tubuh.

    Kondisi ini memerlukan perbaikan secepatnya. Kalau tdak, pankreas akan bekerja ekstra keras yang menyebabkan dia kelelahan dan akhirnya bisa rusak. Dengan rusaknya pankreas maka bisa Anda bayangkan sendiri akibatnya. Sangat mengerikan . . ., tubuh sudah resisten ditambah lagi insulin sudah tidak bisa diproduksi lagi karena organ yang bertanggung jawab sudah KO.
     
  • Diabetes Melitus Tipe 3
    Tipe diabetes ini merupakan gabungan dari diabetes tipe 1 dan tipe 2. Hal ini terjadi ketika penderita diabetes melitus 1 secara terus menerus disuntik insulin, ada sebagian penderita menjadi resisten terhadap hormon dari luar tersebut sehingga dia menderita tipe 2 sekaligus.

    Diabetes melitus tipe 3 juga bisa terjadi karena penderita diabetes melitus tipe 2 mengkonsumsi obat-obatan yang merangsang produksi insuline lebih banyak sehingga pankreas menjadi lelah, lemas, dan akhirnya ambruk. Jangka panjangnya pankreas menjadi rusak sehingga produksi menjadi sangat sedikit atau terhenti sama sekali. Maka jadilah tipe diabetes gabungan yaitu tipe 2 dan 1 yang dinamakan diabetes melitus tipe 3.

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Mengenal Penyebab Penyakit Diabetes Melitus
penyebab penyakit diabetes melitusSetelah kita mengenal dan memahami berbagai tipe penyakit diabetes, saatnya untuk kita mengenal dan memahami penyebab diabetes dalam hali ini penyebab diabetes melitus sesuai tipe diabetesnya. Masing-masing tipe diabetes melitus memiliki faktor penyebab dan pemicu yang khas dan tidak bisa dicampuradukkan satu sama lainnya.
Mungkin Anda bingung kenapa dan bagaimana bisa orang tua dan anak-anak bisa terkena penyakit diabetes ini ?. Apa sih penyebab dari penyakit yang cukup mematikan ini?. Untuk mendapatkan jawabannya silahkan Anda ikuti ulasan di bawah ini.
Penyebab Diabetes Melitus Tipe 1
Seperti yang kita jelaskan pada artikel sebelumnya tentang tipe diabetes 1, kita tahu bahwa diabetes tipe 1 ini terjadi karena ketidakmampuan organ pankreas didalam memproduksi hormon insulin. Ketidakmampuan produksi insulin ini umumnya terjadi karena adanya kerusakan pada organ pankreas.
Lalu apa penyebab rusaknya organ pankreas ini?. Ada beberapa penyebab, diantaranaya:
  1. Karena faktor genetik
    Yaitu organ pankreas rusak karena sistem imun tubuh sendiri secara spesifik menyerang dan merusak sel-sel pankreas. Terjadi kesalahan pesan dari sistem imun yang terjadi secara genetik atau faktor turunan. Jadi bila ada keluarga inti Anda terkena diabetes maka, ada kemungkinan untuk Anda berpotensi teridap penyakit diabetes. Namun perlu Anda ketahui bahwa terangsangnya faktor genetik sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Jadi selama Anda bisa mengendalikan faktor lingkungan, insya Allah Anda tidak perlu terlalu khawatir. Banyak-banyaklah Anda berdo'a kepada Allah untuk dijauhkan dari penyakit kronis ini.
  2. Infeksi Virus Tertentu
    Adanya infeksi virus tertentu pada pankreas sangat berpotensi untuk rusaknya sel-sel pankreas. Akibatnya produksi insulin menjadi sangat terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali.
     
Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 2
Berdasarkan penjelasan pada artikel sebelumnya tentang tipe diabetes, kita mengetahui bahwa diabetes melitus tipe 2 terjadi sebagai akibat dari tidak mampunya tubuh untuk memanfaatkan hormon insulin karena telah terjadi resistensi tubuh terhadap hormon tersebut. Organ pankreas pada penderita diabetes tipe 2 ini masih berfungsi normal didalam memproduksi hormon insulin namun hormon yang dihasilkan tidak bisa dimanfaatkan oleh tubuh sehingga gula tidak bisa masuk ke dalam sel dan menumpuk dalam darah.
Diabetes tipe 2 ini umumnya terjadi pada kalangan dewasa tidak seperti tipe 1 yang kebanyakannya terjadi pada anak-anak dan remaja. Lalu apa penyebab diabetes melitus tipe 2 ini ?.
Para pakar kesehatan telah bayak menerangkan bahwa penyeba diabetes tipe 2 ini karena kombinasi faktor genetik dan faktor lingkungan.
  1. Faktor Genetik Atau Turunan
    Banyak penderita diabetes tipe 2 memiliki anggota keluarga yang juga mengidap penyakit diabetes tipe 2 atau masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan diabetes, misalnya kolesterol darah yang tinggi, hipertensi, atau obesitas. Untuk faktor genetik memang sangat sulit untuk dihilangkan. Yang bisa kita lakukan adalah dengan kita mengendalikan faktor lingkungan sebagai faktor perangsang untuk bangkitnya faktor genetik.

    Selama faktor lingkungan bisa kita kendalikan, insya Allah kita akan terbebas dari penyakit yang mematikan ini.
     
  2. Faktor Lingkungan
    Faktor lingkungan yang sangat mempengaruhi untuk seseorang berpotensial terserang penyakit diabetes adalah pola makan dan pola hidup yang jelek. Pola makan yang terbiasa dengan makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori tinggi sangat berpotensi untuk meningkatkan resiko diabetes.
    Adapan pola  hidup jelek adalah pola hidup yang tidak teratur dan penuh tekanan kejiwaan seperti stres yang berkepanjangan, perasaan khawatir dan takut yang berlebihan dan jauh dari nilai-nilai spiritual diyakini sebagai faktor terbesar untuk seseorang gampang terserang penyakit berat baik diabetes maupun penyakit berat lainnya. Di samping itu aktifitas fising yang rendah juga berpotensi untuk seseorang terjangkit penyakit diabetes.
    Akan lebih dahsyat lagi ketika semua faktor lingkungan ini bertemu dangan faktor genetik. Anda tentu bisa membayangkan bukan?.
     
Penyebab Diabetes Melitus Tipe 3

Karena tipe ini merupakan gabungan dari tipe 1 dan tipe 3 maka penjelasan akan penyebabnya pun tidak jauh dari penjelasan akan penyebab diabetes tipe 1 dan 2.
Itulah sedikit penjelasan akan berbagai penyebab dari penyakit yang sering dikenal penyakit kencing manis ini. Dengan mengetahui berbagai penyebab dari penyakit yang bisa dibilang cukup mematikan ini, makan kita insya Allah bisa melalukan antisipasi sedari dini untuk kita bisa terbebas dari penyakit diabetes ini. Segera tinggalkan pola makan yang tidak sehat dan segera perbaiki pola hidup adalah cara terbaik untuk pencegahan. Jangan lupa juga untuk kita banyak-banyak mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa untuk menurungkan dan menyembuhkan penyakit. Bergantung dan berlindunglah kepada-NYA.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Disini